Sabtu, 17 Desember 2011

Tentang MI Al-mursyid Kota Bandung



MI Al Mursyid Masih Ngontrak

BANDUNG, (PRLM).-Jika belum memiliki rumah lalu ngontrak merupakan hal biasa. Tapi, bagaimana kalau ada sekolah yang siswa-siswanya harus berjubel di bangunan yang berstatus kontrakan? Bukan hanya itu, para siswa juga harus rela apabila sewaktu-waktu "hijrah" akibat masa kontrakannya habis.
Kondisi tersebut dialami Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al Mursyid yang memiliki Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madarasah Aliyah (MA). "Sejak tahun 1992 kami harus berpindah-pindah tempat kontrakkan karena belum memiliki gedung sekolah sendiri," kata Ketua LPI Al Mursyid, Dadang Kuswandi, di sela-sela peringatan tahun baru 1430 H Angkatan Muda Islam Indonesia (AMII) yang dihadiri Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada, Kamis (29/1).
Lebih jauh Dadang mengatakan, sejak berdiri pada tahun 1992 "Al Mursyid" mengontrak rumah di kawasan Hantap, Kel. Babakan Surabaya, Kec. Kiaracondong. "Dari 1992-1995 sekolah kami ngontrak di Hantap lalu pindah lagi dengan menyewa ruangan dan Sekolah Menengah Industri Pariwisata (SMIP) di Jln. Kiaracondong dari tahun 1997-2000," ucapnya.
Kontrakan di SMIP tak lama sehingga pihak LPI, guru, dan siswa harus boyongan lagi ke Jln. Sulaksana Baru VI No. 7, Kel. Cicaheum. "Pada tahun 2009 ini masa kontrakan di Sulaksana Baru juga akan habis. Tiap tahun kami menyewa sekitar Rp 15 juta," katanya.
Gedung sekolah MI, MTs, dan MA Al Mursyid juga jauh dari kata layak. Rumah kontrakkan disekat triplek untuk dijadikan kelas ukuran 3 m x 4 m. "Ada empat kelas ditambah satu kantor dan jamban. Meja kursi siswa dan guru juga amat sederhana terbuat dari kayu albasia sehingga cepat rusak," ujarnya.(A-71/A-50)***

Jumat, 16 Desember 2011

Sejarah matematika

 
PENDAHULUAN
Matematika
 μαθηματικά
-
mathēmatiká
) adalah studibesaran,struktur ,ruang, danperubahan. Paramatematikawanmencari berbagaipola,  merumuskankonjektur baru, dan membangun kebenaran melaluimetode deduksi  yangkakudariaksioma-aksiomadandefinisi-definisiyang bersesuaian. Terdapat perselisihan tentang apakah objek-objek matematika seperti bilangandantitik hadir secara alami, atau hanyalah buatan manusia. Seorang matematikawanBenjamin Peircemenyebut matematika sebagai "ilmu yang menggambarkansimpulan-simpulan yang penting". Di pihak lain,Albert Einsteinmenyatakan bahwa"sejauh hukum-hukum matematika merujuk kepada kenyataan, mereka tidaklah pasti;dan sejauh mereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan."Melalui penggunaan penalaran logikadanabstraksi, matematika berkembang dari  pencacahan, perhitungan,pengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangundan  pergerakan benda-benda fisika. Matematika praktis telah menjadi kegiatan manusiasejak adanyarekaman tertulis.Argumentasi kaku pertama muncul di dalam Matematika Yunani, terutama di dalam karyaEuklides, 
. Matematika selalu berkembang, misalnya diCina pada tahun 300SM, diIndia pada tahun 100M, dan di Arab pada tahun 800 M, hingga zamanRenaisans, ketika temuan baru matematika berinteraksi dengan penemuan ilmiahbaru yang mengarah pada peningkatan yangcepat di dalam laju penemuan matematika yang berlanjut hingga kini.Kini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang,termasuk ilmu alam,teknik ,kedokteran/medis, danilmu sosialsepertiekonomi, dan  psikologi.Matematika terapan, cabang matematika yang melingkupi penerapan  pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, sepertistatistikadanteori permainan.Para matematikawan juga bergulat di dalammatematika murni, atau matematika untuk perkembangan matematika itu sendiri, tanpa adanya penerapan didalam pikiran, meskipun penerapan praktis yang menjadi latar munculnya matematikamurni ternyata seringkali ditemukan terkemudian
   
SEJARAH
Evolusimatematika dapat dipandang sebagai sederetanabstraksiyang selalu  bertambah banyak, atau perkataan lainnya perluasan pokok masalah. Abstraksi mula-mula, yang juga berlaku pada banyak binatang, adalah tentang bilangan: pernyataan bahwa dua apel dan dua jeruk (sebagai contoh) memiliki jumlah yang sama.Selain mengetahui caramencacah objek-objek 
 fisika
, manusia prasejarahjugamengenali cara mencacah besaran
abstrak 
, sepertiwaktu— hari,musim, tahun. Aritmetika dasar ( penjumlahan, pengurangan,  perkalian, dan pembagian) mengikuti secara alami.Langkah selanjutnya memerlukan  penulisanatau sistem lain untuk mencatatkan  bilangan, semisaltaliatau dawai bersimpul yang disebut quipudipakai oleh bangsa Incauntuk menyimpan data numerik.Sistem bilangan ada banyak dan bermacam- macam, bilangan tertulis yang pertama diketahui ada di dalam naskah warisanMesir KunodiKerajaan Tengah Mesir , Lembaran Matematika Rhind. Sistem bilangan MayaPenggunaan terkuno matematika adalah di dalam perdagangan, pengukuran tanah,   pelukisan, dan pola-pola penenunan dan pencatatan waktu dan tidak pernah  berkembang luas hingga tahun 3000 SM ke muka ketika orangBabiloniadanMesir  Kunomulai menggunakan aritmetika, aljabar , dan geometri untuk penghitungan pajak   dan urusan keuangan lainnya, bangunan dan konstruksi, danastronomi.Pengkajian matematika yang sistematis di dalam kebenarannya sendiri dimulai pada zamanYunani Kuno antara tahun 600 dan 300 SM
 
Matematika sejak saat itu segera berkembang luas, dan terdapat interaksi bermanfaatantara matematika dansains, menguntungkan kedua belah pihak. Penemuan- penemuan matematika dibuat sepanjang sejarah dan berlanjut hingga kini. MenurutMikhail B. Sevryuk, pada Januari 2006 terbitanBulletin of the AmericanMathematical Society, "Banyaknya makalah dan buku yang dilibatkan di dalam basisdataMathematical Reviewssejak 1940 (tahun pertama beroperasinya MR) kinimelebihi 1,9 juta, dan melebihi 75 ribu artikel ditambahkan ke dalam basis data itutiap tahun. Sebagian besar karya di samudera ini berisiteoremamatematika baru beserta bukti-buktinya."
 
 
Sir  Isaac Newton(1643-1727), seorang   penemu kalkulus infinitesimal .
Matematika muncul pada saat dihadapinya masalah-masalah yang rumit yangmelibatkan kuantitas, struktur, ruang, atau perubahan. Mulanya masalah-masalah itudijumpai di dalam perdagangan, pengukuran tanah, dan kemudianastronomi; kini, semua ilmu pengetahuan menganjurkan masalah-masalah yang dikaji oleh paramatematikawan, dan banyak masalah yang muncul di dalam matematika itu sendiri.Misalnya, seorang fisikawan Richard Feynmanmenemukanrumus integral lintasan  mekanika kuantummenggunakan paduan nalar matematika dan wawasan fisika, danteori dawaimasa kini, teori ilmiah yang masih berkembang yang berupayamembersatukan empatgaya dasar alami,terus saja mengilhami matematika baru. Beberapa matematika hanya bersesuaian di dalam wilayah yang mengilhaminya, danditerapkan untuk memecahkan masalah lanjutan di wilayah itu. Tetapi seringkalimatematika diilhami oleh bukti-bukti di satu wilayah ternyata bermanfaat juga di banyak wilayah lainnya, dan menggabungkan persediaan umum konsep-konsepmatematika. Fakta yang menakjubkan bahwa matematika "paling murni" sering beralih menjadi memiliki terapan praktis adalah apa yang Eugene Wigne  memanggilnya sebagai "Ketidakefektifan Matematika tak ternalar di dalam IlmuPengetahuan Alam".Seperti di sebagian besar wilayah pengkajian, ledakan pengetahuan di zaman ilmiahtelah mengarah pada pengkhususan di dalam matematika. Satu perbedaan utamaadalah di antaramatematika murnidanmatematika terapan: sebagian besa matematikawan memusatkan penelitian mereka hanya pada satu wilayah ini, dan
kadang-kadang pilihan ini dibuat sedini perkuliahan program sarjanamereka. Beberapa wilayah matematika terapan telah digabungkan dengan tradisi-tradisi yang bersesuaian di luar matematika dan menjadi disiplin yang memiliki hak tersendiri,termasuk statistika,riset operasi, danilmu komputer . Mereka yang berminat kepada matematika seringkali menjumpai suatu aspek estetikatertentu di banyak matematika. Banyak matematikawan berbicara tentang
keanggunan
matematika,estetikayang tersirat, dankeindahandari dalamnya. Kesederhanaan dan keumumannya dihargai. Terdapat keindahan di dalamkesederhanaan dan keanggunan buktiyang diberikan, semisal buktiEuclidyakni  bahwa terdapat tak-terhingga banyaknya bilangan prima, dan di dalammetode numerik yang anggun bahwa perhitungan laju, yaknitransformasi Fourier cepat.G. H. Hardydi dalam
mengungkapkan keyakinan bahwa penganggapan estetika ini, di dalamnya sendiri, cukup untuk mendukung pengkajianmatematika murni.
Para matematikawan sering bekerja keras menemukan buktiteorema yang anggun secara khusus, pencarianPaul Erdőssering berkutat padasejenis pencarian akar dari "Alkitab" di manaTuhantelah menuliskan bukti-bukti kesukaannya. Kepopularanmatematika rekreasiadalah isyarat lain bahwakegembiraan banyak dijumpai ketika seseorang mampu memecahkan soal-soalmatematika.
Matematika sebagai ilmu pengetahuan
6

 
Carl Friedrich Gauss , menganggap dirinya sebagai "pangerannya paramatematikawan", dan mengatakan matematika sebagai "Ratunya Ilmu Pengetahuan".
Carl Friedrich Gaussmengatakan matematika sebagai "Ratunya Ilmu Pengetahuan".Di dalam bahasa aslinya, Latin
 Regina Scientiarum
, juga di dalam bahasa Jerman 
 Königin der Wissenschaften
, kata yang bersesuaian dengan
ilmu pengetahuan
berarti(lapangan) pengetahuan. Jelas, inipun arti asli di dalam bahasa Inggris, dan tiadakeraguan bahwa matematika di dalam konteks ini adalah sebuah ilmu pengetahuan.Pengkhususan yang mempersempit makna menjadi ilmu pengetahuan
alam
adalah dimasa terkemudian. Bila seseorang memandangilmu pengetahuanhanya terbatas padadunia fisika, maka matematika, atau sekurang-kurangnya matematika murni,bukanlah ilmu pengetahuan.Albert Einsteinmenyatakan bahwa
"sejauh hukum-hukummatematika merujuk kepada kenyataan, maka mereka tidaklah pasti; dan sejauhmereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan.
"Banyak filsuf yakin bahwa matematika tidaklahterpalsukan  berdasarkan percobaan, dan dengan demikian bukanlah ilmu pengetahuan per definisiKarl Popper . Tetapi, didalam karya penting tahun 1930-an tentang logika matematika menunjukkan bahwamatematika tidak bisa direduksi menjadi logika, dan Karl Popper menyimpulkan bahwa "sebagian besar teori matematika, seperti halnya fisika dan  biologi, adalah hipotetis-deduktif : oleh karena itu matematika menjadi lebih dekat ke ilmu  pengetahuan alam yang hipotesis-hipotesisnya adalah konjektur (dugaan), lebihdaripada sebagai hal yang baru." Para bijak bestari lainnya, sebut sajaImre Lakatos,  telah menerapkan satu versi  pemalsuankepada matematika itu sendiri.
7
 
Sebuah tinjauan alternatif adalah bahwa lapangan-lapangan ilmiah tertentu (misalnyafisika teoretis) adalah matematika dengan aksioma-aksioma yang ditujukansedemikian sehingga bersesuaian dengan kenyataan. Faktanya, seorang fisikawanteoretis, J. M. Ziman, mengajukan pendapat bahwa ilmu pengetahuan adalah
 pengetahuan umum
dan dengan demikian matematika termasuk di dalamnya. Di beberapa kasus, matematika banyak saling berbagi dengan ilmu pengetahuan fisika,sebut saja penggalian dampak-dampak logis dari beberapa anggapan.Intuisidan percobaan  juga berperan penting di dalam perumusankonjektur -konjektur, baik itu di matematika, maupun di ilmu-ilmu pengetahuan (lainnya).Matematika percobaan terus bertumbuh kembang, mengingat kepentingannya di dalam matematika,kemudian komputasi dan simulasi memainkan peran yang semakin menguat, baik itudi ilmu pengetahuan, maupun di matematika, melemahkan objeksi yang manamatematika tidak menggunakanmetode ilmiah. Di dalam bukunya yang diterbitkan pada 2002
, Stephen Wolframberdalil bahwa matematika komputasi pantas untuk digali secaraempirik sebagai lapangan ilmiah di dalamhaknya/kebenarannya sendiri.Pendapat-pendapat para matematikawan terhadap hal ini adalah beraneka macam.Banyak matematikawan merasa bahwa untuk menyebut wilayah mereka sebagai ilmu pengetahuan sama saja dengan menurunkan kadar kepentingan sisi estetikanya, dansejarahnya di dalam tujuhseni liberaltradisional; yang lainnya merasa bahwa pengabaian pranala ini terhadap ilmu pengetahuan sama saja dengan memutar-mutar mata yang buta terhadap fakta bahwa antarmuka antara matematika dan penerapannyadi dalam ilmu pengetahuan dan rekayasa telah mengemudikan banyak pengembangan di dalam matematika. Satu jalan yang dimainkan oleh perbedaan sudut pandang iniadalah di dalam perbincangan filsafat apakah matematika
diciptakan
(seperti di dalamseni) atau
ditemukan
(seperti di dalam ilmu pengetahuan). Adalah wajar bagiuniversitasbila dibagi ke dalam bagian-bagian yang menyertakan departemen
 Ilmu Pengetahuan dan Matematika
, ini menunjukkan bahwa lapangan-lapangan itudipandang bersekutu tetapi mereka tidak seperti dua sisi keping uang logam. Padatataran praktisnya, para matematikawan biasanya dikelompokkan bersama-sama parailmuwan pada tingkatan kasar, tetapi dipisahkan pada tingkatan akhir. Ini adalah salahsatu dari banyak perkara yang diperhatikan di dalam filsafat matematika.
8
Dasar dan filsafat
Untuk memeriksadasar-dasar matematika,lapanganlogika matematikadanteori himpunandikembangkan, jugateori kategoriyang masih dikembangkan. Kata majemuk "krisis dasar" mejelaskan pencarian dasar kaku untuk matematika yangmengambil tempat padadasawarsa1900-an sampai 1930-an.
Beberapaketaksetujuan tentang dasar-dasar matematika berlanjut hingga kini. Krisis dasar dipicu oleh sejumlah silang sengketa pada masa itu, termasukontroversi teorihimpunan Cantor dankontroversi Brouwer-Hilbert. Logika matematika diperhatikan dengan meletakkan matematika pada sebuahkerangka kerjaaksiomatisyang kaku, dan mengkaji hasil-hasil kerangka kerja itu.Logika matematika adalah rumah bagiTeori ketaklengkapan kedua Gödel, mungkinhasil yang paling dirayakan di dunia logika, yang (secara informal) berakibat bahwasuatusistem formalyang berisi aritmetika dasar, jika
 suara
(maksudnya semuateorema yang dapat dibuktikan adalah benar), maka
tak-lengkap
(maksudnya terdapatteorema sejati yang tidak dapat dibuktikan
di dalam sistem itu
). Gödel menunjukkancara mengonstruksi,sembarangkumpulan aksioma bilangan teoretis yang diberikan,sebuah pernyataan formal di dalam logika yaitu sebuah bilangan sejati-suatu fakta
 
teoretik, tetapi tidak mengikuti aksioma-aksioma itu. Oleh karena itu, tiada sistemformal yang merupakan aksiomatisasi sejati teori bilangan sepenuhnya. Logikamodern dibagi ke dalamteori rekursi,teori model, danteori pembuktian, dan terpaut dekat denganilmu komputer  teoretis. Logika matematikaTeori himpunanTeori kategori
Matematika diskret
Matematika diskretadalah nama lazim untuk lapangan matematika yang paling berguna di dalamilmu komputer teoretis. Ini menyertakanteori komputabilitas,teori kompleksitas komputasional, danteori informasi. Teori komputabilitas memeriksa  batasan-batasan berbagai model teoretis komputer, termasuk model yang dikenal paling berdaya -Mesin turing. Teori kompleksitas adalah pengkajian traktabilitas olehkomputer; beberapa masalah, meski secara teoretis terselesaikan oleh komputer, tetapicukup mahal menurut konteks waktu dan ruang, tidak dapat dikerjakan secara praktis, bahkan dengan cepatnya kemajuan perangkat keraskomputer. Pamungkas, teoriinformasi memusatkan perhatian pada banyaknya data yang dapat disimpan padamedia yang diberikan, dan oleh karenanya berkenaan dengan konsep-konsep semisal pemadatandanentropi.Sebagai lapangan yang relatif baru, matematika diskret memiliki sejumlah masalahterbuka yang mendasar. Yang paling terkenal adalah masalah "P=NP?", salah satuMasalah Hadiah Milenium.
15